TUGAS INDIVIDU
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
“LAPORAN KAJIAN EMPIRIK KONDISI
DI SMA AL IRSYAD
Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Mid Semester VIII
Mata Kuliah Psikologi Pendidikan
Dosen Pengampu : Drs. Badrodin, MSI.
Disusun oleh : Muhtadin Abrori
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BHAKTI NEGARA (STAIBN)
2009
PENGANTAR
Segala Puji hanya milik Alloh Rob pengatur alam semesta. Yang Maha Pengasih dari segala kasih Yang Maha Penyayang dari segala sayang. Yang Menguasai hari Pembalasan. Hanya pada-Mu lah kami menyembah dan hanya kepada-Mu lah kami memohon pertolongan. Ya Alloh tunjukilah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang Engkau beri nikmat bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan orang-orang yang sesat. Sholawat dan salam semoga terlimpah pada junjungan Nabi Muhammad shollallohu Alaihi Wa Sallaam, beserta keluarga, para sahabat, para tabiin, para tabiit tabiin dan semua yang mengikut jejak beliu. Ajmaiin.
Tulisan ini membahas tentang profil proses pembelajaran di SMA Al-Irsyad Kota Tegal, yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 8 Juni 2009. Harapannya penulis dapat mengambil manfaat dari apa yang terjadi kelebihan dan kekuarangan pada proses pembelajaran di SMA Al-Irsyad Tegal.
Maka dengan segala ketulusan hati, penulis berbangga dapat menyelesaikan tugas individu ini. Guna memenuhi Tugas Mid Semester VIII Mata Kuliah Psikologi Pendidikan dengan dosen pengampu Drs. Badrodin, MSI. Progdi S1 Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Bakti Negara Slawi.
Tentunya di dalam tulisan ini masih banyak kekurangan, dan perlu perbaikan agar menjadikan lebih baik dan lebih sempurna. Harapan penulis akan saran dan kritik pembaca untuk menutupi kekurangan tersebut. Akhirnya kami mohon petunjuk kepada Allah agar kita diberi kebaikan dunia dan akhirat serta dijauhkan dari siksa keduanya. Amin.
Tegal, April 2009
Penulis
SMA AL- IRSYAD TEGAL
Terakreditasi “AMAT BAIK (A)”
Alamat :
Gedung I :Jl. Gajahmada No.128. (v356869 Tegal
Gedung II: Jl. Gelatik No.3-4 ( 0283-323519-341877
Website : www.smaalirsyadtegal.co.cc
Email : sma.alirsyadtegal@gmail.com
- Muqoddimah
Pendidikan merupakan kebutuhan yang mendasar bagi setiap anak, oleh karena itu kewajiban orang tua utk memilih sekolah yg tepat bagi pendidikan putra-putrinya sesuatu kebutuhan. Banyak tempat pendidikan yg hanya mengedapan kemampuan kognitif saja dan sangat sedikit menanamkan pendidikan akhlaq dan aqidah. Akibatnya banyak menghasilkan generasi yg apatis, tidak taat terhdap agama dan orang tua.
SMA Al-Irsyad berdiri tahun 1985 bertekad menyelenggarakan pendidikan yg Islami, berstandar Nasional & Internasional, serta mampu melahirkan insan yg cerdas, terampil yang di landasi oleh Dienul Islam (aqidah, akhlaq,moral) maupun intelektual.
- V I s i
Membentuk Generasi Penerus Bangsa yang Islami, Disiplin dan Berprestasi
- M I s i
1. Menumbuhkembangkan suasana sekolah yang religius dengan cara menempatkan nilai-nilai agama Islam sebagai sumber kearifan dalam berfikir dan bertindak.
2. Menumbuhkan kedisiplinan segenap warga sekolah, baik siswa, guru, karyawan dan pimpinan sekolah.
3. Mengembangkan pembelajaran secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
4. Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler untuk memberi bekal ketrampilan dan pembentukan watak pribadi yang mandiri dan bermutu.
5. Mengembangkan lingkungan sekolah yang bersih, aman dan tertib.
- Target
Menjadi manusia seutuhnya yang berprestasi, kreatif, mandiri dan tetap berpegang teguh terhadap Al-Qur’an dan As-Sunnah.
- Fasilitas
1. 2 Buah Gedung yg Megah Bertingkat
2. Masjid yang Cukup Memadai
3. Lab Komputer dan Lab. Multi Media
4. Laboratorium Bahasa
5. Laboraorium Fisika, Kimia dan Biologi
6. Ruang Moving Class
7. Perpustakaan Digital, Internet sekolah Hot Spot
8. Sarana Olahraga, Musik dll.
- Ekstrakurikuler
1. Keagamaan
2. English Club dan Arabic Club
3. Band / Paduan Suara
4. KIR, Pramuka, PKS, PMR dan UKS
5. Jurnalistik
6. Olah Raga (Basket, Volly, Badminton, sepak bola dll )
- Ekstrakurikuler Berbasis Life Skill
1. Ketrampilan Komputer
2. Maintenance Komputer
3. Maintenance HP
4. Photographer dan Disgn Grafis
5. Ketrampilan Bhs Inggris dan Bhs Arab.
- PROFIL LULUSAN
1. Mutsaqqoful fikri – Knowledgeable
Berpengetuan dan berwawasan luas guna meng- hadapi tantangan global.
2. Aqidatus Salimah – religious ( Aqidah yg Bersih) Memiliki ketrampilan berpikir kritis dg selalu menjadikan Al-Quran dan As Sunnah sebagai landasannya.
3. Daimul yakadzah – manageable (waspada dan tidak lengah)
Kewaspadaan, Kedisiplinan, Kepandaian mengelola waktu dlm aktivitas sehari-hari.
4. Iradah Qowiyah-enthusiastics ;
Kemauan yg kuat dan tidak mudah putus asa.
5. Nafi’un lighairiyah – Useful
Bermanfa’at bagi orang lain
6. Amanah – Honest & responsible ;
Kejujuran dan tanggung jawab sebagai landasan hubungan antar manusia.
- IDENTITAS SEKOLAH
1. Nama Sekolah : SMA Al – Irsyad
Status : Swasta
2. Alamat sekolah : Jl. Gajah Mada No. 128
Provinsi : Jawa Tengah
Kecamatan : Tegal Barat
Kelurahan : Pekauman
Jalan : Gajah Mada
Kode pos : 52113
Telphone : ( 0283 ) 356869
Fax. : -
Website : www.smalirsyadtegal.co.nr
E mail : sma.alirsyadtegal@gmail.com
3. No. Rekening : 3-004-09445-1
Nama Bank : BANK JATENG
Kantor : Cabang Kota Tegal
Alamat Bank : Jl. Pemuda No. 3
Telpon Bank : 0283 358415
Nama Pemegang Rekening :
1) Dra. Chamidah Jabatan Bendahara Sekolah
- IDENTITAS KEPALA SEKOLAH
1. Nama lengkap : Drs. ROYIM, M.Pd
2. NIP : 131 996 134
3. Pangkat / Golongan : Pembina , IV a
2. Pendidikan terakhir : S2
3. Jurusan : Pendidikan Matematika
4. Pelatihan yang pernah diikuti
No. | Tahun | Nama Pelatihan | Lama Pendidikan |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. | 2002 2003 2004 2005 2006 2007 2008 2008 2008 | Workshop MGMP Workshop KBK mapel Matematika Workshop Jaringan Kurikulum Workshop Karya Tulis Ilmiah Diklat Peningkatan Profesi Guru Workshop Manajemen Kepala Sekolah Peningaktan Managemen Kepala SMA Se-Jawa Tengah Penataran Kepala Sekolah Workshop Penyusunan Profil SMA | 1 minggu 5 hari 5 hari 4 hari 1 Minggu 5 hari 3 hari 2 hari 3 hari |
- KURIKULUM DAN KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
Kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum berbasis kompetensi, disinilah guru dituntut untuk selalu bisa menumbuhkan siswa kreatif, inovatif, dan berprestasi. Maka guru yang berada di SMA Al-Irsyad harus mampu membuat alat-alat yang mendukung kegiatan proses kompetensi siswa seperti ITC, dan sarana pendukung lainnya.
- PROFIL TAMATAN ( 5 tahun terakhir )
Tahun Pelajaran | Tamatan ( Org ) | Rata-rata NEM | Siswa yang melanjutkan | |||
Jumlah | Target | Hasil | Target | Jumlah | Target | |
2002/2003 2003/2004 2004/2005 2005/2006 2006/2007 2007/2008 | 304 299 276 274 230 195 | 305 303 367 287 252 238 | 67,36 68,46 68,51 70,46 71,36 81,93 | 80,00 80,00 80,00 80,00 80,00 90,00 | 56 68 112 146 195 175 | 152 135 148 200 220 230 |
- NILAI UJIAN AKHIR NASIONAL (UN / UAN)
Keterangan | Tahun Pelajaran | |||||||
2004/2005 | 2005/2006 | 2006/2007 | 2007/2008 | |||||
IPA | IPA | IPA | IPS | IPA | IPS | IPA | IPS | |
A. Rata-Rata Nilai | | | | | | | | |
1. Bhs. Indonesia | 6,90 | 7,68 | 7,98 | 7,15 | 7,68 | 7,28 | 7,55 | 6,71 |
2. Bhs. Inggris | 5,17 | 8,28 | 6,64 | 6,20 | 8,28 | 6,22 | 5,94 | 5,71 |
3. Matematika | 4,76 | 6,42 | 5,76 | - | 6,42 | - | 5,88 | 5,24 |
4. Ekonomi | - | - | - | 6,02 | - | 6,94 | - | 7,60 |
B. Nilai UAN / UN Tertinggi | 8,33 | 9,20 | 9,80 | 9,20 | 9,20 | 9,60 | 8,37 | 7,83 |
C. Nilai UAN / UN Terendah | 2,33 | 3,67 | 3,60 | 2,50 | 3,67 | 3,20 | 4,03 | 3,93 |
D. Ranking Sekolah | 6/13 | 5/13 | 6/13 | 6/13 | 5/13 | 5/13 | 6/13 | 6/13 |
E. Jumlah Peserta | 70 | 60 | 75 | 177 | 60 | 227 | 50 | 188 |
F. Jumlah Lulus | 60 | 59 | 70 | 160 | 59 | 215 | 43 | 150 |
G. Jumlah Tidak Lulus | 10 | 6 | 5 | 17 | 6 | 12 | 7 | 38 |
H. Prosentase Kelulusan (%) | 85,71 | 90,77 | 93,63 | 90,39 | 90,77 | 94,71 | 86,00 | 79,79 |
| 75,20 | 93,74 | 91,87 | 82,90 | ||||
I. Norma Kelulusan | Minimal 4,26 | Minimal 4,26 Rata-rata 4,51 | Min 4,25 Rt 5,00 1 MP 4,00 2 MP 6,00 | Min 4,25 Rt 6,00 |
- PRESTASI YANG PERNAH DICAPAI SEKOLAH ( 5 tahun terakhir )
1. Akademik
No. | Kejuaran | Tingkat | Tahun |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | Juara II Lomba Baca Puisi/ Porseni Juara I MTQ Juara III Olimpiade Kimia Juara II IPTEK / KIR Juara III Pelajar Terpuji Juara V Olimpiade Bhs. Inggris Juara II Lomba Membaca tingkat SMA Juara III Lomba Menulis Indah Juara II Olimpiade Ekonomi Juara III MTQ | Karisd.Pekalongan | 2001 2001 2003 2003 2003 2003 2003 2003 2004 2004 |
2. Non Akademik
No. | Kejuaraan | Tingkat | Tahun |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. | Juara I dan Umum Turnamen Footsal Juara I Lomba lari 400 M ( PORDA ) Juara II Lomba lari 200 M ( PORDA ) Juara II Lomba lari 400 M ( PORDA ) Juara III Lomba lari 400 M ( PORDA ) Juara III Bola Basket ( PORDA ) Juara III Tenis Meja Juara III Balap Speda Juara I Bulu Tangkis Single Putra Juara I Bulu Tangkis Doble Putra Juara III Tenis Meja Single Putra Juara II Renang Juara III Renang Gaya Dada ( PORDA ) Juara I Lompat Jauh Juara III Lompat Jauh Juara I Bulu Tangkis Single Putra ( POPDA ) Juara II Tenis Meja ( POPDA ) Juara II Renang Juara II Renang Juara II Lari 100 M ( POPDA ) Juara III Lari 1500 M ( POPDA ) Juara III Lari 400 M ( POPDA ) Juara III Lari 100 M ( POPDA ) Juara III Basket, POPDA Juara III Sepak Bola, POPDA Juara II Atletik ( Putri ), POP SMA Juara III Atletik ( Putra ), POP SMA Juara III Festival Band SMA/MA Juara I Atletik ,Lari 100 M ( POPDA ) Juara II Basket, POPDA Juara III, Basket Ball Competition (LP3I) Juara I, Basket ( PORDA 2008 ) Juara III, Basket Putri ( PORDA 2008 ) Juara I, Lompat Jauh Putra Juara I, Lomba Basket (POPDA) Juara I, Futsal (Umum) | | 2001 2001 2001 2001 2002 2002 2003 2003 2004 2004 2004 2005 2005 2005 2005 2005 2006 2006 2006 2006 2007 2007 2007 2007 2008 2008 2008 2008 2008 2008 2008 2009 2009 |
- ANGKA PROSENTASE SISWA MENGULANG/TIDAK NAIK ( 4 tahun terakhir )
Tahun Pelajaran | Kelas I / X ( % ) | Kelas II / XI ( % ) | Kelas III / XII ( % ) |
2003/2004 | 2,25 | 2,34 | - |
2004/2005 | 8,03 | 7,22 | - |
2005/2006 | 7,10 | 5,35 | - |
2006/2007 | 1,80 | 1,65 | - |
2007/2008 | 0 | 0 | - |
- KEADAAN SISWA ( 5 tahun terakhir )
1. Jumlah pendaftar dan diterima
Tahuh Pelajaran | Jumlah Siswa | ||
Pendaftar | Diterima | Prosentase yang diterima | |
2003/2004 | 464 | 388 | 83,60 % |
2004/2005 | 582 | 405 | 69,50 % |
2005/2006 | 355 | 280 | 78,70 % |
2006/2007 | 280 | 243 | 86,78 % |
2007/2008 | 256 | 235 | 91,79 % |
2208/2009 | 235 | 210 | 89,31 % |
2. Jumlah siswa
Tahun Pelajaran | Jumlah Siswa | |||
Kelas I / X | Kelas II / XI | Kelas III / XII | Jumlah | |
2003/2004 | 388 | 400 | 307 | 1095 |
2004/2005 | 300 | 311 | 375 | 986 |
2005/2006 | 272 | 267 | 297 | 836 |
2006/2007 | 243 | 243 | 252 | 736 |
2007/2008 | 210 | 232 | 234 | 676 |
2008/2009 | 210 | 207 | 232 | 649 |
Jumlah Rombongan Belajar ( Kelas ) | 8 / 7 / 6 | 8 / 7 / 7 | 9 / 8 / 7 | 25 / 22 / 20 |
- JUMLAH GURU DAN TENAGA TEKNIS PENDIDIKAN
No. | Bidang /Mata Pelajaran ( MP ) | Jumlah Personil Per MP | Kesesuaian dengan latar Belakang pendidikan | Keterangan Tenaga Rangkap MP | ||
Sesuai | Tdk. Sesuai |
| ||||
1. | Pendidikan Agama Islam | 3 | V | - | - |
|
2. | Kewarganegaraan | 3 | V | - | - |
|
3. | Bahasa Indonesia | 4 | V | - | |
|
4. | Bahasa Ingris | 6 | V | - | - |
|
5. | Bahasa Asing Lainya | - | - | - | - |
|
6. | Matematika | 5 | V | - | - |
|
7. | Fisika | 2 | V | - | - |
|
8. | Kimia | 2 | V | - | - |
|
9. | Biologi | 2 | V | - | - |
|
10. | Sejarah | 2 | V | - | - |
|
11. | Geografi | 2 | V | - | - |
|
12. | Sosiologi | 2 | V | - | - |
|
13. | Antropologi | - | - | - | - |
|
14. | Ekonomi | 3 | V | - | - |
|
15. | Akuntansi | - | - | - | - |
|
16. | Seni Budaya | 2 | V | - | - |
|
17. | TI dan Komunikasi Ketram | 3 | V | - | - |
|
18. | Pendidikan Jasmani | 2 | V | - | - |
|
19. | Laboran | 2 | V | - | - |
|
20. | Pustakawan/wati | 2 | V | - | - |
|
21. | Bimbingan Konseling | 5 | V | - | - |
|
22. | Bahasa Arab | 2 | V | - | - |
|
23. | Quran Hadits | 1 | V | - | - |
|
24. | Bahasa Jawa | 1 | V | - | - |
|
Jumlah | 52 | V | - | - |
- KETENAGAAN
1. Guru
No. | Ijasah Tertinggi | Status Kepegawaian | Jumlah | |||
Guru Tetap | Guru Tidak Tetap | Guru DPK | Guru Bantu | |||
1. | S 3 | - | - | - | - | - |
2. | S 2 | - | - | 1 | - | 1 |
3. | S 1 | 27 | 18 | 3 | - | 48 |
4. | D 3 | 3 | - | - | - | 3 |
Jumlah | 30 | 18 | 4 | - | 52 |
2. Karyawan
No. | Ijasah Tertinggi | Status Kepegawaian | Jumlah | |
Kary. Tidak Tetap | Kary. Tetap | |||
1. | D3 | 1 | - | 1 |
2. | SLTA | 4 | 11 | 15 |
3. | SLTP | - | 3 | 3 |
4. | SD | - | 3 | 4 |
Jumlah | 5 | 17 | 22 |
- SARANA PRASARANA
1. Tanah dan Bangungan
Luas Tanah | Penggunaan | ||||
Bangunan | Halaman | Lap. OR | Kebun | Lain-lain | |
3382 M2 | 1606 M2 | 424 M2 | 1000 M2 | - | 350 M2 |
2. Data Bangunan dan ruang
Sarana / Ruang | Jumlah | Luas ( M2 ) | Kondisi | |
Baik | Rusak | |||
Kelas | 22 | 1606 | V | - |
Laboratorium Fisika | 1 | 108 | V | - |
Laboratorium Kimia | | | | |
Laboratorium Biologi | | | | |
Laboratorium Komputer | 1 | 81 | V | - |
Laboratorium Bahasa | 1 | 108 | V | |
Perpustakaan | 2 | 450 | V | - |
Ketrampilan | 1 | | | |
Kesenian | | | | |
Olah Raga | | | | |
OSIS | 1 | 36 | V | - |
Tempat Ibadah | 1 | 2746 | V | - |
KM/WC Guru | 6 | 36 | V | - |
KM/WC Siswa | 12 | 50 | V | - |
Ruang TU | 1 | 48 | V | - |
Gudang | 1 | 30 | V | - |
3. Buku-buku perpustakaan
No. | Jenis Buku | Jumlah |
1. | Buku Paket | 3255 |
2. | Buku Penunjang | 2370 |
3. | Buku Fiksi | 12543 |
- KONDISI ORANG TUA SISWA
1. Prosentase Pendidikan Orang tua
NO. | PENDIDIKAN TERAKHIR | PROSENTASE (%) |
1. | Perguruan Tinggi | 11 |
2. | SLTA | 59 |
3. | SLTP | 23 |
4. | SD | 7 |
5. | Tidak Tamat SD | - |
2. Prosentase Pekerjaan Orang tua
NO. | JENIS PEKERJAAN | PROSENTASE (%) |
1. | PNS + ABRI / POLRI | 21,59 |
2. | Pensiunan | 3,55 |
. | Karyawan Swasta | 7,96 |
4. | Buruh / nelayan | 9,76 |
5. | Wiraswasta / dagang | 57,69 |
3. Prosentase Penghasilan Orang tua
NO. | PENGHASILAN | PROSENTASE (%) |
1. | Ekonomoni lemah | 25 |
2. | Ekonomi menengah | 60 |
3. | Ekonomi menengah ke atas | 15 |
- POTENSI DI LINGKUNGAN SEKOLAH YANG DIHARAPKAN MENDUKUNG PROGRAM SEKOLAH
i. Bangunan sekolah merupakan hak milik dengan letak strategis.
ii. Jumlah siswa cukup banyak ( tahun 2007/2008 = 736 , 2008/2009 = 649 ).
iii. Jumlah guru dan karyawan memadai, kompeten dan profesional
iv. Dukungan komite, masyarakat, orang tua cukup baik.
v. Sarana prasarana sekolah yang sementara tersedia cukup mendukung/menunjang.
vi. Prestasi yang pernah diraih sekolah baik akademik maupun non akademik cukup menunjang.
Comments