2 Review Rumah Belajar Konten "GERHANA MATAHARI" dan "PEMBAGIAN PECAHAN"

Konten Gerhana Matahari 

Ketika saya buka website rumah belajar, saya jumpai konten baru tentang tema Bumiku sub tema perbedaan waktu dan pengaruhnya. Diberi tulisan tebal  berwarna kuning sebuah judul “GERHANA MATAHARI”. Dan dituliskan dibawahnya tentang materi pembahasannya diperuntukkan siswa kelas VI Sekolah Dasar Semester 1.
Materi ini disusun oleh Abdulloh Cahyono Hadi, S.Pd. Msi.  Dikaji oleh Eka Putri Azrai, S.Pd., Msi. Sedang kajian media dan kontrol qualitas media oleh Ita Utari, serta pemrograman dan desain grafis dikerjakan oleh Ai Sri Nurhayati.

Pembelajaran ini disusun secara animasi agar menarik pembaca, khususnya peserta didik dan kemudahan bagi pendidik untuk menyampaikan materi tentang proses terjadinya gerhana.  Konten ini sudah diunduh sebanyak 574 per 28 Agustus 2019. Artinya konten ini memiliki manfaat sangat banyak bagi pembelajaran khususnya guru sekolah dasar kelas VI di semester 1.

Diawali dengan menjelaskan salah satu fenomena alam yang terjadi di jagat raya karena periode tertentu seperti proses pertemuan tiga benda Matahari, Bulan dan Bumi menyebabkan terjadinya gerhana. Baik gerhana matahari maupun gerhana bulan.



Kemudian penyusun menjelaskan beberapa konsep terjadinya gerhana, serta macam-macam gerhana matahari dalam bentuk kalimat sederhana yang disertai gambar animasi. Diantar gerhana matari ada 3 macam yaitu Gerhana Total, Gerhana Sebagian, dan Gerhana Cincin.

 
dan diakhir sesi penyusun juga membuat kesimpulan dalam bentuk Slide Latihan untuk mempertajam pembahansan tentan subtema pembelajaran ini. dengan cara memindahkan posisi bumi pada lingkaran yang tesedia. sehingga pembelajar mengetahui tentang perbedaan ketiga gerhana tersebut. berikut gambarnya

sumber pembelajaran ini oleh penyusun juga sudah dicantumkan dalam daftar pustaka. dalam tombol pustekom kemdikbud 2017. dipojok sebelah bawah.

Akan sangat menarik konten ini bila ditambahkan suara sebagai audio, baik suara penjelasan maupun animasi tambahan dalam perubahan slide.



konten Pembagian Pecahan


Senang sekali mengunjungi laman rumah belajar ini, laman yang menyajikan berbagai konten pembelajaran gratis bagi siapa saja. Baik pendidik maupun peserta didik.
kali ini saya masih menggunjungi konten baru tentang Pembagian Pecahan. Berikut slide awalnya
Konten ini disusun oleh Rachmawati, S.Pd.I., materinya dikaji oleh Mulyono, Pemrograman dan desain grafis oleh Irwan Kustiawan, Soal medianya dikaji oleh Ai Sri Nurhayati, dan Qualiti controlnya oleh Andamsari.

Menarik sekali penyusun konten ini membuka pembelajaran dengan bercerita, agar materi matematika diminati oleh peserta didik. Penyusun menyajikan cerita makanan yang paling disukai anak yaitu pizza yang berbentuk lingkaran.

Lalu slide berikutnya tentang penyusun membuat slide tentang pembagian makanan pizza yang dibagi dua sehingga jadilah 1/2. di slide ini disebut pecahan biasa. dan di slide berikut nya penyusun menambahkan materi pecahan campuran dengan menyajikan dialog antar teman Siti dan Dayu dan masih bercerita tentang makanan, tapi cara membuat kue satu loyang yang dimodifikasi dari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue. seperti gambar berikut


Pada slide latihan pembelajar ditantang dengan memasangkan pecahan campuran dengan hasilnya, cukup menggeser gambar hasil nilai pecahan ke kolom yang sudah tersedia, bila terjadi kesalahan maka klik cek dan muncul gambar silang. Menarik bukan lihat gambar berikut bila terjadi kesalahan



Wah tentu menarik sekali pembelajaran di rumah belajar ini man teman,
namun seperti review saya sebelumnya bila ditambahkan audio tentu akan lebih menarik. atau ada orang yang sedang menjelaskan animasi juga sangat menarik.

baik demikian review saya semoga bermanfaat.
ini untuk menjalankan tugas VCT BAtch 5 Jawa Tengah DIY Wilayah Kota Tegal


#muhtadinabrori
#belajar
#sdalirsyadtegal
#VCT
#Batch 5
#Jawa Tengah
#DinasPendidikanKotaTegal

Comments